Hari-hari penantian

Pada bulan November-Desember ini, komunitas fisika partikel elementer (terutama yang terkait langsung dengan eksperimen di CERN LHC) tengah menunggu dengan hati berdebar-debar.  Sebagaimana diketahui, pada tanggal 19 September 2008, terjadi insiden dalam mesin LHC yang menyebabkan LHC mengalami kerusakan berat.  Diperlukan waktu lebih kurang satu tahun untuk memperbaiki kerusakan tersebut.  Dalam proses perbaikan itu juga dilakukan pemasangan mekanisme otomatik untuk mencegah dan mengurangi kerusakan seandainya kejadian serupa terjadi kembali.

Saat ini proses perbaikan telah selesai, dan LHC tengah dalam proses persiapan untuk dijalankan kembali.   Namun ibarat pasien dengan penyakit berat yang baru mengalami operasi dan tengah dalam tahap penyembuhan, LHC tidak bisa diharapkan untuk langsung mencapai kondisi puncak.  Proses untuk menjalankan kembali LHC dilakukan secara bertahap dan perlahan-lahan.

CERN telah menyiapkan webpage untuk hari-hari awal kembalinya LHC.

http://press.web.cern.ch/press/lhc-first-physics/

Harus saya akui bahwa CERN jauh lebih hati-hati dalam membuat pengumuman ke kalangan media massa kali ini.  Bandingkan dengan tahun lalu dimana seluruh media massa kelas kakap seperti BBC dan CNN menaruh berita dijalankannya LHC pada halaman terdepan.  Wajar saja, meski CERN sudah mengambil langkah-langkah semaksimal mungkin untuk mencegah kejadian serupa tahun lalu, mereka tidak mau terjadi ‘hype’ atau ‘pembesaran berlebihan’ oleh media massa.

Hari-hari ini sebenarnya CERN telah melakukan beberapa test dimana mereka memasukkan berkas partikel (“beam”) ke dalam LHC sebagai salah satu langkah untuk mengembalikan LHC pada kondisi operasional sepenuhnya. Proses ini disebut penyuntikan (“injection”). Namun berkas partikel yang dimasukkan belum sepenuhnya mengelilingi LHC: mereka hanya dimasukkan dan menempuh jarak 1/8, 1/4, atau 3/8 keliling LHC. Setelah menempuh suatu jarak tertentu berkas partikel tersebut diarahkan keluar dari LHC dan dibuang (“dump”). Kelihatannya CERN masih ingin melakukan beberapa test sebelum mencoba membuat berkas partikel mengelilingi LHC satu putaran sepenuhnya. Mari kita semua doakan agar semua berjalan lancar dan LHC dapat dimulai kembali tanpa ada masalah !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: