Saya ingin bekerja di CERN, bagaimana caranya?

Pertama-tama, perlu dibedakan antara bekerja di CERN dan bekerja untuk CERN:

  1. Bekerja di CERN: Ini berarti lokasi kerja adalah di CERN/Jenewa, namun tidak berarti digaji oleh CERN.
  2. Bekerja untuk CERN: Ini berarti bekerja sebagai pegawai CERN, digaji oleh CERN, dan lokasi kerja juga di CERN.

Bekerja di CERN

Untuk yang ini ada banyak sekali jalan. Yang termudah adalah dengan menjadi mahasiswa PhD atau peneliti pascadoktoral. Ada ratusan universitas dan lembaga penelitian yang aktif terlibat dalam penelitian di CERN, dan saya tidak akan bisa menuliskan semuanya disini. Penelitian-penelitian di CERN terutama dilakukan dalam bidang:

  1. Fisika partikel elementer eksperimen (Experimental particle physics).
  2. Teknologi informasi dan komputasi (Information technology and computing).
  3. Rekayasa. Terutama teknik mesin, teknik elektro, teknik fisika (Engineering. Especially: mechanical engineering, electrical and electronic engineering, engineering/applied physics). CERN memang bukan merupakan pusat penelitian dalam bidang rekayasa, namun dalam operasi sehari-hari memerlukan dukungan staf insinyur yang sangat banyak.
  4. Fisika akselerator (Accelerator physics).
  5. Fisika medis (Medical physics).

Masalah utama yang dihadapi siswa asal Indonesia adalah: Mereka tidak tahu bagaimana mencari peluang beasiswa PhD atau lowongan pekerjaan pascadoktoral bidang2 tersebut! Untuk hal ini memang harus rajin mencari.

  1. Pertama-tama, identifikasikan universitas atau lembaga penelitian yang memiliki program penelitian yang terkait dengan/berlokasi di CERN. Ini ada ratusan. Daftar komprehensif tersedia di http://greybook.cern.ch/
  2. Pikirkan apa topik penelitian dan/atau eksperimen yang ingin anda ikuti. Ada puluhan eksperimen/topik penelitian di CERN. Cari informasi tentang eksperimen seperti ATLAS, CMS, akselerator LHC, akselerator ISOLDE, etc. Beberapa sumber informasi yang saya sarankan adalah laporan tahunan CERN (http://library.web.cern.ch/library/library/AnnualReport.html), kemudian majalah CERN Courier atau Symmetry, blog fisika Quantum Diaries atau Cosmic Variance.
  3. Untuk beasiswa dari universitas, bisa mencari ke website universitas, website departemen Fisika, website lembaga pemberi beasiswa dari negara tersebut (misalnya NUFFIC untuk Belanda, DAAD untuk Jerman), atau website di portal2 fisika seperti Physics Today, Physics World. Banyak tempat tersebut juga memiliki account twitter atau facebook.
  4. Untuk posisi peneliti pascadoktoral, ini harus mencari ke portal2 pekerjaan dalam bidang fisika. INSPIRE HEPJobs, Physics Today, Physics World, program Marie Curie atau Uni Eropa, dan banyak website lab2 menyediakan informasi lowongan kerja. Demikian pula terkadang website universitas atau grup penelitian menyediakan informasi lowongan kerja.
  5. Kemungkinan besar bidang yang anda tekuni di Indonesia tidak terkait langsung dengan 5 topik inti penelitian di atas. Adalah tugas anda untuk: (a) Mencari hubungan atau kaitan meski tidak langsung atau (b) Berani berganti bidang penelitian dan keluar dari zona nyaman!

Bekerja untuk CERN

Selain point2 di atas mengenai topik penelitian/pekerjaan dan bagaimana mencarinya, perlu diingat bahwa CERN saat ini hanya menerima warganegara dari negara-negara anggota CERN sebagai pegawai tetap.

Untuk warga negara Indonesia, kesempatan kerja untuk CERN hanya tersedia melalui Fellowship program, yakni posisi kerja sementara (max 2 tahun, bisa diperpanjang 6-12 bulan). Silakan mencari informasi di website CERN bagian employment.

Terkadang ada pula program dari Marie Curie atau Uni Eropa yang membiayai posisi Fellowship, ini bisa dilihat di website Marie Curie atau Uni Eropa.

Terakhir: Google is your friend! I am just one person and I can’t answer questions from everybody. Read carefully what I wrote above, think about it, play with Google, read more, play with Google again. Ask your physics professors/teachers. There is so much information out there that it will be redundant for me to repeat here. I probably cab and more willing to help once you have a rather specific and clear plan. But if you still figuring out and don’t really know what you want: Please find out more first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: