Menjadi fisikawan partikel eksperimen (Bagian Pertama)

Salah satu pertanyaan yang sering saya dengar dan terima adalah

Saya tertarik bekerja di CERN/Fermilab/<laboratorium fisika partikel lain> sebagai fisikawan partikel eksperimen. Bagaimana saya bisa menjadi fisikawan partikel eksperimen, sedangkan di Indonesia tidak ada kegiatan penelitian bidang fisika partikel eksperimen ?

atau variasi dari pertanyaan seperti itu. Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah: Dengan menempuh program pendidikan doktor (S3) dalam bidang fisika partikel eksperimen.

In merupakan titik masuk pertama untuk karir dalam bidang fisika partikel eksperimen (FPE). Karena saat ini di Indonesia tidak ada kegiatan penelitian dalam bidang FPE, maka pendidikan doktor dalam bidang FPE harus ditempuh di luar negeri. Langkah-langkah yang diperlukan adalah:

  1. Mempersiapkan untuk menempuh pendidikan S3 dalam bidang fisika partikel eksperimen.
  2. Mencari dan mendapatkan beasiswa untuk menempuh pendidikan S3 dalam bidang fisika partikel eksperimen.

Langkah (1) secara singkat adalah menyelesaikan pendidikan pra-doktoral (S1 dan mungkin S2) yang sesuai untuk meneruskan ke S3 bidang fisika partikel eksperimen.

Mungkin sekilas tampak mustahil (Bagaimana mungkin meneruskan S3 fisika partikel eksperimen kalau di Indonesia tidak ada kegiatan penelitiannya?). Namun kenyataanya: LIMA orang Indonesia telah berhasil menyelesaikan S3 dalam bidang fisika partikel eksperimen. Jadi ada bukti nyata bahwa ini bukan hal yang mustahil. Pengalaman yang sudah menyelesaikan: Ini tidak mudah. Namun juga tidak mustahil.

Sebelum meneruskan ke artikel berikut dalam seri ini, saya rekomendasikan anda juga membaca tulisan saya tentang bekerja di CERN. Artikel tersebut memberikan ilustrasi / gambaran kasar tentang bekerja di CERN dan bagaimana mencari jalan ke arah itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: